Kamis, 04 April 2013

MENIKMATI PECEL TERONG, Makan Siang di Tengah Persawahan


Tanaman Terong (eggplant)
04 April 2014, Siang ini tidak ada kegiatan, saya putuskan untuk berjalan-jalan menyusuri aliran sungai kecil yang berada pas satu blok di belakang rumah saya, terlihat kesibukan petani yang sedang memanen padi. Hmm rupanya sekarang musim panen padi, Si "Tanaman Emas" begitulah sebutan para petani untuk tumbuhan pensuply karbohidrat nomor satu di Indonesia.
Tak selang berapa lama saya bertemu dengan sekelompok petani yang sedang beristirahan di sebuah saung, nampaknya mereka tengah makan siang, dan salah satu ibu dari mereka memanggil saya untuk bergabung menikmati menu makan siang mereka. Setelah mendekat, Cihuiii.. menunya adalah "Pecel Terong" mantap banget keliatannya guys...
Lalu si Ibu tadi menyodori saya seporsi makan siang dengan menu Pecel Terong, Hmmm.. Rasanya mantap banget bro.. passs sekali dengan suasana pada siang ini, panas tetapi banyak angin bertiup.
Setelah menikmati makan siang, iseng saya bertanya mengenai bagaimana cara mengolah pecel terong tersebut. dan hasil percakapan saya adalah sebagai berikut :

BAHAN DASAR
Terong (bisa yang ungu atau yang hijau)

BUMBU
  1. Kacang tanah (digoreng)
  2. Bawang Putih (juga ikut digoreng/dikukus)
  3. Lombok/Cabe rawit
  4. Lombok/Cabe Merah
  5. Bawang Merah (dikukus atau digoreng tanpa diiris)
  6. Kencur
  7. Asam Jawa
  8. Santan

CARA PEMBUATAN
  1. Panggang terong (lebih harum jika dipanggang diatas tungku) kemudian kupas
  2. Haluskan semua bahan bumbu
Pecel Terong

CARA PENYAJIAN
Penyet terong panggang yang sudah dikupas, lalu campur dengan bumbu dan terakhir siram dengan santan kepala yang kental.

Kesan saya dengan menu makan siang ini, CIAMIK POOL.. selamat mencoba
 

1 komentar:

  1. nice share,
    untuk belajar cara memasak rendang silahkan klik di sini

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungannya ke Blog Wisata Kuliner Lokal, mohon tambahan kritik dan sarannya