Kamis, 31 Januari 2013

disebut CENDOL sering dikatakan DAWET

Cendol atau yang juga akrab disebut dawet adalah jenis minuman bersantan yang rasanya sangat legit dan gurih. Terasa segar apabila dimimum kalau hari lagi panas, rasanya segar sekali saat menyentuh kerongkongan yang kering.
Cendol terbuat dari tepung beras, bisa juga dibuat dari tepung sagu. Tapi yang paling mantap adalah cendol yang terbuat dari tepung sagu, rasanya mantap habis.



Cara Pembuatan Cendol :
  1. Proses pembuatan cendol sendiri cukup mudah dan menurut saya simple sekali, tepung sagu atau tepung beras kita buat adonan kemudian dibentuk bulat memanjang, tepatnya berbentuk seperti badan ulat (he he he). adonan bisa diwarna sesuai dengan selera agar tampak lebih menarik. Lalu adonan yang sudah dibentuk tersebut direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 20 menit. Lalu angkat dan dinginkan.
  2. Untuk kuahnya, gunakan santan kelapa yang kental agar terasa lebih legit, tambahkan gula (bisa gula pasir atau gula aren juga OK). Didihkan santan dan masukkan daun pandan agar lebih wangi dan menggoda selera, kalau suka yang berwarna silahkan tambahkan sedikit pewarna, bisa menggunakan pewarna dari perasan daun pandan agar alami.

Cara Penyajian :
  1. Ambil cendol secukupnya ke dalam mangkok atau gelas, lalu tambahkan kuah santan
  2. Lebih mantap kalau dalam penyajian si cendol ditemani oleh Tape Beras dan Kacang Goreng.

Nah selamat ber Kuliner Lokal. sampai ketemu di postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya ke Blog Wisata Kuliner Lokal, mohon tambahan kritik dan sarannya